pertama.
masukan data yang diperoleh dalam tabel contoh tabel dibawah menunjukan bahwa memisakan antara yang tuntas dan tidak tuntas kemudian di hitung pesentasenya dengan ketuntasan biasa, yaitu, jumlah data dibagi jumlah siswa dan jumlah siswa yang tuntas dibagi jumlah siswa dikali 100%. contohnya dibawah
.
DATA NILAI
FORMATIF SISWA SIKLUS 1
NO
|
NIS
|
NAMA SISWA
|
SKOR
|
KETUNTASAN BELAJAR
|
|
TUNTAS
|
TIDAK TUNTAS
|
||||
1
|
ARENTINA WATI
|
65
|
|||
2
|
ARINSAHIR
|
70
|
|||
3
|
BENITA ANTEL
|
80
|
|||
4
|
DJAP KIM HONG H.
|
62
|
|||
5
|
ELISA
|
60
|
|||
6
|
EMA KULATHA
|
70
|
|||
7
|
ERZO FRIDOLINO L.
|
80
|
|||
8
|
ETA BELLA
|
65
|
|||
9
|
EVI PANIA JUMARLITA
|
70
|
|||
10
|
FILTIN SAMUEL
|
55
|
|||
11
|
FLORIANUS ADE F. B.
|
85
|
|||
12
|
FREDI CANDRA
|
85
|
|||
13
|
FUPUT NOVEL
|
70
|
|||
14
|
JULIAWATI
|
65
|
|||
15
|
JUNITA
|
70
|
|||
16
|
KERIS SUSANTO
|
60
|
|||
17
|
KRISTIANTO J. T.
|
55
|
|||
18
|
MAWARTO DITO
|
70
|
|||
19
|
MELITA
|
55
|
|||
20
|
MIRA
|
55
|
|||
21
|
MONIKA RESI
|
67
|
|||
22
|
MUSID
|
70
|
|||
23
|
NASPRIANTO
|
90
|
|||
24
|
PERA
|
70
|
|||
25
|
PERI SUSANTO
|
55
|
|||
26
|
RIYAN DEPRIANTO
|
62
|
|||
27
|
SENADI ELES
|
65
|
|||
28
|
TIKA
|
70
|
|||
29
|
YEHESKIEL
|
58
|
|||
30
|
YOHANES DENI
|
90
|
|||
31
|
YUSTINA
|
50
|
|||
32
|
YUVITA DERA F.
|
75
|
|||
KET:
|
JUMLAH
|
2169
|
16 0RANG
|
16 ORANG
|
|
RATA-RATA PRSNTSI KLS
|
67,78%
|
||||
RATA-RATA KTNTASAN
|
50%
|
kedua, tabel dibawah adalah tabel analisis butir soal pilihan ganda, dimana angka 1 menunjukan siswa yang menjawab benar, angka 0 menunjukan siswa yang menjawab salah, kemudian dijumlah masing-masing siswa dalam satu soal kebetulan saya menggunakan 10 soal pilihan ganda.
ANALISIS BUTIR
SOAL TES PILIHAN GANDA SIKLUS I
NO
|
NAMA SISWA
|
P/L
|
NOMOR SOAL
|
SKOR SISWA
|
KELOMPOK
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|
||||
1
|
ARENTINA WATI
|
P
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
6
|
BAWAH
|
2
|
ARINSAHIR
|
L
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
7
|
ATAS
|
3
|
BENITA ANTEL
|
P
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
8
|
ATAS
|
4
|
DJAP KIM HONG H.
|
L
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
6
|
BAWAH
|
5
|
ELISA
|
P
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
6
|
BAWAH
|
6
|
EMA KULATHA
|
P
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
7
|
ATAS
|
7
|
ERZO FRIDOLINO L.
|
L
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
8
|
ATAS
|
8
|
ETA BELLA
|
P
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
6
|
BAWAH
|
9
|
EVI PANIA JUMARLITA
|
P
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
7
|
ATAS
|
10
|
FILTIN SAMUEL
|
L
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
5
|
BAWAH
|
11
|
FLORIANUS ADE F. B.
|
L
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
8
|
ATAS
|
12
|
FREDI CANDRA
|
L
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
8
|
ATAS
|
13
|
FUPUT NOVEL
|
P
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
7
|
ATAS
|
14
|
JULIAWATI
|
P
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
6
|
BAWAH
|
15
|
JUNITA
|
P
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
7
|
ATAS
|
16
|
KERIS SUSANTO
|
L
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
6
|
BAWAH
|
17
|
KRISTIANTO J. T.
|
L
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
5
|
BAWAH
|
18
|
MAWARTO DITO
|
L
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
7
|
ATAS
|
19
|
MELITA
|
P
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
5
|
BAWAH
|
20
|
MIRA
|
P
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
5
|
BAWAH
|
21
|
MONIKA RESI
|
P
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
6
|
BAWAH
|
22
|
MUSID
|
L
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
7
|
ATAS
|
23
|
NASPRIANTO
|
L
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
8
|
ATAS
|
24
|
PERA
|
P
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
7
|
ATAS
|
25
|
PERI SUSANTO
|
L
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
5
|
BAWAH
|
26
|
RIYAN DEPRIANTO
|
L
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
6
|
BAWAH
|
27
|
SENADI ELES
|
L
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
6
|
BAWAH
|
28
|
TIKA
|
P
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
7
|
ATAS
|
29
|
YEHESKIEL
|
L
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
5
|
BAWAH
|
30
|
YOHANES DENI
|
L
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
9
|
ATAS
|
31
|
YUSTINA
|
P
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
5
|
BAWAH
|
32
|
YUVITA DERA F.
|
P
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
7
|
ATAS
|
|
JUMLAH
|
32
|
23
|
28
|
28
|
17
|
17
|
25
|
26
|
26
|
9
|
9
|
|
|
ketiga tentukan tingkat kesukaran soal tersebut dengan membagi jumlah setiap soal untuk siswa yang menjawab soal benar di bagi jumlah siswa, contoh soal no 1 ada 23 siswa yang benar dibagi 32 orang siswa. contoh dibawah.
TABEL.
ANALISIS TINGKAT KESUKARAN BUTIR SOAL PILIHAN GANDA SIKLUS I
NOMOR ITEM
|
SKOR
|
SKOR/JMLH SISWA
|
INDEKS KESUKARAN
|
|
1
|
23
|
0,72
|
MUDAH
|
|
2
|
28
|
0,87
|
MUDAH
|
|
3
|
28
|
0,87
|
MUDAH
|
|
4
|
17
|
0,53
|
SEDANG
|
|
5
|
17
|
0,53
|
SEDANG
|
|
6
|
25
|
0,78
|
MUDAH
|
|
7
|
26
|
0,81
|
MUDAH
|
|
8
|
27
|
0,84
|
MUDAH
|
|
9
|
9
|
0,28
|
SUKAR
|
|
10
|
9
|
0,28
|
SUKAR
|
RUMUS
:
B
P = -
JS
Ket
:
P
= Indeks kesukaran
B
= banyaknya siswa yang menjawab soal itu dengan betul
JS
= jumlah seluruh siswa peserta tes
Klasifikasi indeks
kesukaran :
-
Soal dengan P 0,00 sampai 0,30
adalah soal sukar
-
Soal dengan P 0,30 sampai 0,70
adalah soal sedang
-
Soal dengan P 0,70 sampai 1,00
adalah soal mudah
CATATAN:
Soal yng
dianggap baik, yaitu “ SEDANG” dengan indeks kesukaran 0,3- 0,7
|
keempat, setelah menentukan tingkat kesukaran kita tentukan daya pembeda soal antara kelas atas dan kelas bawah yang didapat dari tabel ke 2 tadi, pisahkan antara kelas atas dan kelas bawah. kemudian tambahkan masing-masing pada kelas di setiap nomor soal. contoh pada tabel.
TABEL.
ANALISIS SIKLUS I DAYA PEMBEDA BUTIR SOAL PILIHAN GANDA
NOMOR SOAL
|
SKOR KA
|
SKOR KB
|
SKOR PA
|
SKOR PB
|
DAYA PEMBEDA
|
KATEGORI
|
|
1
|
13
|
10
|
0,81
|
0,63
|
0,2
|
CUKUP
|
|
2
|
16
|
12
|
1
|
0,75
|
0,3
|
CUKUP
|
|
3
|
15
|
13
|
0,94
|
0,81
|
0,1
|
JELEK
|
|
4
|
9
|
8
|
0,56
|
0,5
|
0,1
|
JELEK
|
|
5
|
9
|
8
|
0,56
|
0,5
|
0,1
|
JELEK
|
|
6
|
14
|
11
|
0,88
|
0,69
|
0,2
|
CUKUP
|
|
7
|
14
|
13
|
0,88
|
0,81
|
0,1
|
JELEK
|
|
8
|
13
|
12
|
0,81
|
0,75
|
0,1
|
JELEK
|
|
9
|
7
|
2
|
0,43
|
0,13
|
0,3
|
CUKUP
|
|
10
|
9
|
0
|
0,56
|
0
|
0,6
|
BAIK
|
|
JUMLAH
SISWA
|
16
|
16
|
|
|
|
|
RUMUS
:
BA BB
D
= - -
- = PA- PB
JA JB
Ket :
J = jumlah peserta
tes
JA =
banyaknya peserta kelompok atas
JB =
banyaknya peserta kelompok bawah
BA =
banyaknya peserta koelompok atas yang menjawab soal itu dengan benar
BB
= banyaknya peserta kelompok bawah
yang menjawab soal itu dengan benar
PA = BA/JA
= proporsi peserta kelompok atas yang menjawab benar
PB = BB/JA = proporsi
peserta kelompok bawah yang menjawab benar
Klasifikasi daya
pembeda :
D = 0,00- 0,19 : jelek
D = 0,20- 0,39 : cukup
D = 0,40- 0,69 : baik
D = 0,70- 1,00 : baik sekali
CATATAN: Butir soal yang baik adalah
butir-butir soal yang mempunyai indeks diskriminasi 0,4- 0,7
|
No comments:
Post a Comment
siap untuk komentarnya saudara