LinksManagement.com

Thursday, February 27, 2014

ANALISIS DATA SKRIPSI PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

Nah sekarang Edi mau berbagi tentang cara menganalisis data skripsi jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan jenis analisis deskripstif dan kuantitatif. simak yaaa...
pertama.
masukan data yang diperoleh dalam tabel contoh tabel dibawah menunjukan bahwa memisakan antara yang tuntas dan tidak tuntas kemudian di hitung pesentasenya dengan ketuntasan biasa, yaitu, jumlah data dibagi jumlah siswa dan jumlah siswa yang tuntas dibagi jumlah siswa dikali 100%. contohnya dibawah
.


DATA NILAI FORMATIF SISWA SIKLUS 1
NO
NIS
NAMA SISWA
SKOR
KETUNTASAN BELAJAR
TUNTAS
TIDAK TUNTAS
1

ARENTINA WATI
65


2

ARINSAHIR
70


3

BENITA ANTEL
80


4

DJAP KIM HONG H.
62


5

ELISA
60


6

EMA KULATHA
70


7

ERZO FRIDOLINO L.
80


8

ETA BELLA
65


9

EVI PANIA JUMARLITA
70


10

FILTIN SAMUEL
55


11

FLORIANUS ADE F. B.
85


12

FREDI CANDRA
85


13

FUPUT NOVEL
70


14

JULIAWATI
65


15

JUNITA
70


16

KERIS SUSANTO
60


17

KRISTIANTO J. T.
55


18

MAWARTO DITO
70


19

MELITA
55


20

MIRA
55


21

MONIKA RESI
67


22

MUSID
70


23

NASPRIANTO
90


24

PERA
70


25

PERI SUSANTO
55


26

RIYAN DEPRIANTO
62


27

SENADI ELES
65


28

TIKA
70


29

YEHESKIEL
58


30

YOHANES DENI
90


31

YUSTINA
50


32

YUVITA DERA F.
75


KET:
JUMLAH
2169
 16 0RANG
16 ORANG
RATA-RATA PRSNTSI KLS
67,78%
RATA-RATA KTNTASAN
50%

kedua, tabel dibawah adalah tabel analisis butir soal pilihan ganda, dimana angka 1 menunjukan siswa yang menjawab benar, angka 0 menunjukan siswa yang menjawab salah, kemudian dijumlah masing-masing siswa dalam satu soal kebetulan saya menggunakan 10 soal pilihan ganda.


ANALISIS BUTIR SOAL TES PILIHAN GANDA SIKLUS I

NO
NAMA SISWA
P/L
NOMOR SOAL
SKOR SISWA
KELOMPOK
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10


1
ARENTINA WATI
P
0
1
1
0
1
1
1
1
0
0
6
BAWAH
2
ARINSAHIR
L
1
1
1
0
1
1
1
1
0
0
7
ATAS
3
BENITA ANTEL
P
1
1
1
1
0
1
1
1
0
1
8
ATAS
4
DJAP KIM HONG H.
L
1
1
1
1
0
1
0
1
0
0
6
BAWAH
5
ELISA
P
1
1
1
1
0
1
0
1
0
0
6
BAWAH
6
EMA KULATHA
P
1
1
1
1
0
1
1
1
0
0
7
ATAS
7
ERZO FRIDOLINO L.
L
0
1
1
0
1
1
1
1
1
1
8
ATAS
8
ETA BELLA
P
1
1
1
1
0
0
1
1
0
0
6
BAWAH
9
EVI PANIA JUMARLITA
P
1
1
0
0
1
1
1
1
0
1
7
ATAS
10
FILTIN SAMUEL
L
1
1
1
1
1
0
0
0
0
0
5
BAWAH
11
FLORIANUS ADE F. B.
L
1
1
1
1
1
1
1
1
0
0
8
ATAS
12
FREDI CANDRA
L
1
1
1
1
0
1
1
1
0
1
8
ATAS
13
FUPUT NOVEL
P
0
1
1
0
1
1
1
1
1
0
7
ATAS
14
JULIAWATI
P
1
1
1
0
1
1
1
0
0
0
6
BAWAH
15
JUNITA
P
1
1
1
0
0
1
1
1
0
1
7
ATAS
16
KERIS SUSANTO
L
0
1
1
0
1
0
1
1
1
0
6
BAWAH
17
KRISTIANTO J. T.
L
1
0
1
1
0
0
1
1
0
0
5
BAWAH
18
MAWARTO DITO
L
1
1
1
0
0
1
1
0
1
1
7
ATAS
19
MELITA
P
1
0
0
0
1
1
1
1
0
0
5
BAWAH
20
MIRA
P
0
1
1
0
0
1
1
1
0
0
5
BAWAH
21
MONIKA RESI
P
0
1
1
1
1
1
0
1
0
0
6
BAWAH
22
MUSID
L
1
1
1
1
0
0
0
1
1
1
7
ATAS
23
NASPRIANTO
L
1
1
1
0
1
1
1
0
1
1
8
ATAS
24
PERA
P
1
1
1
1
1
0
0
1
0
1
7
ATAS
25
PERI SUSANTO
L
1
0
0
0
1
1
1
1
0
0
5
BAWAH
26
RIYAN DEPRIANTO
L
0
1
1
1
0
1
1
0
1
0
6
BAWAH
27
SENADI ELES
L
1
1
1
1
0
1
1
0
0
0
6
BAWAH
28
TIKA
P
0
1
1
0
1
1
1
1
1
0
7
ATAS
29
YEHESKIEL
L
0
1
1
1
0
0
1
1
0
0
5
BAWAH
30
YOHANES DENI
L
1
1
1
1
1
1
1
1
1
0
9
ATAS
31
YUSTINA
P
1
0
0
0
1
1
1
1
0
0
5
BAWAH
32
YUVITA DERA F.
P
1
1
1
1
0
1
1
1
0
0
7
ATAS

JUMLAH
32
23
28
28
17
17
25
26
26
9
9



ketiga tentukan tingkat kesukaran soal tersebut dengan membagi jumlah setiap soal untuk siswa yang menjawab soal benar di bagi jumlah siswa, contoh soal no 1 ada 23 siswa yang benar dibagi 32 orang siswa. contoh dibawah.


TABEL. ANALISIS TINGKAT KESUKARAN BUTIR SOAL PILIHAN GANDA SIKLUS I
NOMOR ITEM
SKOR
SKOR/JMLH SISWA
INDEKS KESUKARAN


1
23
0,72
MUDAH

2
28
0,87
MUDAH

3
28
0,87
MUDAH

4
17
0,53
SEDANG

5
17
0,53
SEDANG

6
25
0,78
MUDAH

7
26
0,81
MUDAH

8
27
0,84
MUDAH

9
9
0,28
SUKAR

10
9
0,28
SUKAR


RUMUS :
        B
P =   -
       JS
Ket :
P = Indeks kesukaran
B = banyaknya siswa yang menjawab soal itu dengan betul
JS = jumlah seluruh siswa peserta tes
Klasifikasi indeks kesukaran :
-          Soal dengan P 0,00 sampai 0,30 adalah soal sukar
-          Soal dengan P 0,30 sampai 0,70 adalah soal sedang
-          Soal dengan P 0,70 sampai 1,00 adalah soal mudah
CATATAN: Soal yng dianggap baik, yaitu “ SEDANG” dengan indeks kesukaran 0,3- 0,7


 
 keempat, setelah menentukan tingkat kesukaran kita tentukan daya pembeda soal antara kelas atas dan kelas bawah yang didapat dari tabel ke 2 tadi, pisahkan antara kelas atas dan kelas bawah. kemudian tambahkan masing-masing pada kelas di setiap nomor soal. contoh pada tabel.
TABEL. ANALISIS SIKLUS I DAYA PEMBEDA BUTIR SOAL PILIHAN GANDA
NOMOR SOAL
SKOR KA
SKOR KB
SKOR PA
SKOR PB
DAYA PEMBEDA
KATEGORI


1
13
10
0,81
0,63
0,2
CUKUP

2
16
12
1
0,75
0,3
CUKUP

3
15
13
0,94
0,81
0,1
JELEK

4
9
8
0,56
0,5
0,1
JELEK

5
9
8
0,56
0,5
0,1
JELEK

6
14
11
0,88
0,69
0,2
CUKUP

7
14
13
0,88
0,81
0,1
JELEK

8
13
12
0,81
0,75
0,1
JELEK

9
7
2
0,43
0,13
0,3
CUKUP

10
9
0
0,56
0
0,6
BAIK

JUMLAH SISWA
16
16





RUMUS :

       BA      BB
D =   -    -   -    = PA- PB
        JA      JB
Ket :
J = jumlah peserta tes
JA = banyaknya peserta kelompok atas
JB = banyaknya peserta kelompok bawah
BA = banyaknya peserta koelompok atas yang menjawab soal itu dengan benar
BB =  banyaknya peserta kelompok bawah yang menjawab soal itu dengan benar
 PA = BA/JA = proporsi peserta kelompok atas yang menjawab benar
PB =  BB/JA = proporsi peserta kelompok bawah yang menjawab benar

Klasifikasi daya pembeda :
D = 0,00- 0,19 : jelek
D = 0,20- 0,39 : cukup
D = 0,40- 0,69 : baik
D = 0,70- 1,00 : baik sekali
CATATAN: Butir soal yang baik adalah butir-butir soal yang mempunyai indeks diskriminasi 0,4- 0,7

Baiklah, sekian dulu tentang analisis data karya ilmiah atau bahasa kerennya skripsi jenis penelitian tindakan kelas (ptk) saya ulas, semoga bermanfaat jika ada pertanyaan silahkan bertanya pada kolom komentar dibawah. terimakasih.



No comments:

Post a Comment

siap untuk komentarnya saudara