CARA MEMBUAT RPP K13yang sesuai kriteria
pengawas atau LPMP ini memang agak membingungkan jika dibahas berdasarkan
keinginan masing-masing, kali ini saya akan membahas tentang langkah-langkah
penyusunan RPP yang sesuai dengan Permendikbud tahun 2016, yang sampai saat ini
masih digunakan untuk pelaksanaan kurikulum 2013.
Oke langsung aja guys...
“Budayakan sifat membaca” supaya paham apa isi yang
akan dibahas.
LANGKAH PENYUSUNAN RPP K13
1.
Mengkaji
silabus
Dengan adanya Permendikbud Nomor
22 Tahun 2016, maka silabus dikembangkan oleh guru mengacu pada komponen yang
tercantum pada Permendikbud tersebut.
2.
Melakukan
analisis keterkaitan SKL, KI, KD.
Dalam rangka merumuskan IPK,
materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan rencana penilaian sesuai dengan
muatan KD. Untuk mata pelajaran Agama dan PPKn merumuskan IPK dari pasangan KD
pada KI-1, KD pada KI-2, KD pada KI 3, dan KD pada KI 4, sedangkan mata
pelajaran lain IPK dari pasangan KD pada KI 3 dan KD pada KI 4.
3.
Menentukan
alokasi waktu untuk setiap pertemuan.
Penentuan ini berdasarkan hasil
analisis waktu yang dibutuhkan untuk pencapaian tiap IPK dan disesuaikan dengan
karakteristik siswa di satuan pendidikan.
4.
Merumuskan
tujuan pembelajaran.
Tujuan pembelajaran dirumuskan
berdasarkan KD dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan
diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
5.
Menyusun
materi pembelajaran.
Materi pembelajaran dapat berasal
dari buku teks pelajaran, buku panduan guru, sumber belajar lain berupa muatan
lokal, materi kekinian, atau konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar.
Materi pembelajaran ini kemudian dikelompokkan menjadi materi untuk
pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial.
6.
Menentukan
Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran yang sesuai.
7.
Menentukan
media, alat, bahan yang digunakan dalam proses pembelajaran.
8.
Memastikan
sumber belajar yang dijadikan referensi yang akan digunakan dalam langkah penjabaran
proses pembelajaran.
9.
Menjabarkan
langkah-langkah pembelajaran ke dalam bentuk yang lebih operasional
(mengutamakan pembelajaran aktif/active leaning).
10.
Mengembangkan
penilaian proses dan hasil belajar meliputi lingkup, teknik, dan instrumen
penilaian, serta pedoman penskoran (lihat Panduan Penilaian).
Oke, demikian secara singkat langkah-langkah yang
wajib kita siapkan untuk CARA MEMBUAT RPP K13.
Jika ada pertanyaan langsung aja koment ya guys,
untuk tautan tentang RPP lainnya bisa baca juga :
CARA MEMBUAT SOAL HOTSTAKSONOMI ANDERSON (PERBAIKAN TAKSONOMI OF BLOOM)
No comments:
Post a Comment
siap untuk komentarnya saudara