LinksManagement.com

Monday, December 25, 2017

CARA MEMBUAT RPP K13

CARA MEMBUAT RPP K13yang sesuai kriteria pengawas atau LPMP ini memang agak membingungkan jika dibahas berdasarkan keinginan masing-masing, kali ini saya akan membahas tentang langkah-langkah penyusunan RPP yang sesuai dengan Permendikbud tahun 2016, yang sampai saat ini masih digunakan untuk pelaksanaan kurikulum 2013.

Oke langsung aja guys...

“Budayakan sifat membaca” supaya paham apa isi yang akan dibahas.

LANGKAH PENYUSUNAN RPP K13

1.        Mengkaji silabus
Dengan adanya Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, maka silabus dikembangkan oleh guru mengacu pada komponen yang tercantum pada Permendikbud tersebut.

2.        Melakukan analisis keterkaitan SKL, KI, KD.
Dalam rangka merumuskan IPK, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan rencana penilaian sesuai dengan muatan KD. Untuk mata pelajaran Agama dan PPKn merumuskan IPK dari pasangan KD pada KI-1, KD pada KI-2, KD pada KI 3, dan KD pada KI 4, sedangkan mata pelajaran lain IPK dari pasangan KD pada KI 3 dan KD pada KI 4.

3.        Menentukan alokasi waktu untuk setiap pertemuan.
Penentuan ini berdasarkan hasil analisis waktu yang dibutuhkan untuk pencapaian tiap IPK dan disesuaikan dengan karakteristik siswa di satuan pendidikan.

4.        Merumuskan tujuan pembelajaran.
Tujuan pembelajaran dirumuskan berdasarkan KD dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

5.        Menyusun materi pembelajaran.
Materi pembelajaran dapat berasal dari buku teks pelajaran, buku panduan guru, sumber belajar lain berupa muatan lokal, materi kekinian, atau konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar. Materi pembelajaran ini kemudian dikelompokkan menjadi materi untuk pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial.

6.        Menentukan Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran yang sesuai.

7.        Menentukan media, alat, bahan yang digunakan dalam proses pembelajaran.

8.        Memastikan sumber belajar yang dijadikan referensi yang akan digunakan dalam langkah penjabaran proses pembelajaran.

9.        Menjabarkan langkah-langkah pembelajaran ke dalam bentuk yang lebih operasional (mengutamakan pembelajaran aktif/active leaning).

10.    Mengembangkan penilaian proses dan hasil belajar meliputi lingkup, teknik, dan instrumen penilaian, serta pedoman penskoran (lihat Panduan Penilaian).

Oke, demikian secara singkat langkah-langkah yang wajib kita siapkan untuk CARA MEMBUAT RPP K13.

Jika ada pertanyaan langsung aja koment ya guys, untuk tautan tentang RPP lainnya bisa baca juga :
CARA MEMBUAT SOAL HOTS
TAKSONOMI ANDERSON (PERBAIKAN TAKSONOMI OF BLOOM)

No comments:

Post a Comment

siap untuk komentarnya saudara