LinksManagement.com

Saturday, December 23, 2017

CARA MENGANALISIS KD SOAL HOTS (Higher Order Thinking Skills)

Hai para pendidik atau yang biasa dipanggil GURU, kali ini saya akan membahas bagaimana CARA MENGANALISIS KD SOAL HOTS HOTS (Higher Order Thinking Skills).
Langsung Aja kuy...... “Budayakan Kebiasaan Membaca” Baca sampai selesai guys supaya paham, OKE?.......

Kompetensi dasar (KD) merupakan kemampuan dan materi pembelajaran minimal yang harus dicapai peserta didik untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti;
KD terdiri dari 2 komponen utama:
1)    Kemampuan: C1, C2, C3, C4, C5, dan C6
Baca: CARA MENULIS IPK SOAL HOTS (Higher Order Thinking Skills)
2)    Materi Pokok: faktual, konseptual, prosedural, metakognitif.
Baca: CARA MENULIS IPK SOAL HOTS (Higher Order Thinking Skills)
Contoh:
3.2 Menganalisis berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia beserta ancaman dan pelestariannya


Kemampuan
Materi Minimal
Dimensi Pengetahuan
IPK
Menganalisis
(C4)
Berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia beserta ancaman dan pelestariannya:
§  Tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia;
§  Upaya-upaya pelestarian keanekaragaman hayati;
§  Pelestarian keanekaragaman hayati secara in-situ dan ex-situ;
§  Hubungan keanekaragaman hayati dengan pembangunan berkelanjutan;
§  Ancaman pelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia;
§  Manfaat keanekaragaman hayati.

1.     Faktual: contoh upaya pelestarian keanekaragaman hayati
2.     Konseptual:
§  Upaya pelestarian keanekaragaman hayati adalah…
3.     Prosedural:
Langkah-langkah pelestarian keanekaragaman hayati adalah sebagai berikut.
1.      …………………..
2.      …………………..

1.     Mengidentifikasi upaya-upaya pelestarian keanekaragaman hayati.
(C1-Faktual);
2.     Menyebutkan upaya-upaya pelestarian keanekaragaman hayati
(C1-Konseptual);
3.     Menyebutkan langkah-langkah pelestarian keanekaragaman hayati
(C1-Prosedural);
4.     Menguraikan upaya pelestarian keanekaragaman hayati untuk mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan
(C4-Metakognitif);
5.     Memadukan informasi dari berbagai sumber untuk membuat usulan pelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia (C6-Metakognitif).

Sumber: BIMTEK K13 2017

Demikian secara garis besar CARA MENGANALISIS KD SOAL HOTS.

Untuk lebih jelasnya silahkan baca:
CARA MEMBUAT SOAL HOTS
CARA MEMILIH STIMULUS SOAL HOTS
CARA MENGIDENTIFIKASI SOAL HOTS
CARA MENULIS BUTIR SOAL HOTS
CARA MENULIS IPK SOAL HOTS
CARA MENYUSUN KISI-KISI SOAL HOTS


Mohon maaf jika terdapat kesalahan kata-kata atau tidak baku nya kata-kata dari tulisan saya. Jika ada keraguan atau pertanyaan silahkan komentar di bawah ya....
Lebih kurang nya saya ucapkan terimakasih.

No comments:

Post a Comment

siap untuk komentarnya saudara