Hai para pendidik atau yang biasa dipanggil
GURU, kali ini saya akan membahas bagaimana CARA MENULIS IPK SOAL HOTS HOTS (Higher Order Thinking Skills).
Langsung Aja kuy...... “Budayakan Kebiasaan Membaca” Baca sampai
selesai guys supaya paham, OKE?.......
Gunakan
tabel ini untuk mempermudah menentukan IPK
P
E
N
G
E
T
A
H
U
A
N
|
Metakognitif
|
||||||
Prosedural
|
|||||||
Konseptual
|
|||||||
Faktual
|
|||||||
Mengingat
(C1)
|
Memahami
(C2)
|
Menerapkan
(C3)
|
Menganalisis
(C4)
|
Mengevaluasi
(C5)
|
Mencipta
(C6)
|
||
P
R O S E S K E T E R A M P I L A N
|
Contoh 1:
KD 3.3 Menganalisis sistem
produksi kerajinan dengan inspirasi budaya lokal non benda dan material daerah sekitar berdasarkan daya dukung
yang dimiliki oleh daerah setempat.
Perhatikan penjelasan berikut untuk
mempermudah pemahaman.
1)
Keterampilan
ü Mengingat (C1):
kemampuan menghafal, kebenaran pengetahuan yang diingat dan digunakan ketika
menjawab pertanyaan tentang fakta, konsep, prosedur, hukum, teori dari apa yang
sudah dipelajari di kelas tanpa diubah/berubah: siapa,
kapan, di mana?
ü Memahami (C2):
Kemampuan
mengolah pengetahuan yang dipelajari menjadi sesuatu yang baru seperti
menggantikan suatu kata/istilah dengan kata/istilah lain yang sama maknanya;
Menulis
kembali suatu kalimat/paragraf/tulisan dengan kalimat/paragraf/tulisan sendiri
dengan tanpa mengubah artinya informasi aslinya;
ü Menerapkan (C3):
Menggunakan informasi, konsep,
prosedur, prinsip, hukum, teori yang sudah dipelajari pada konsep yang
baru/belum dipelajari.
ü Menganalisis (C4):
kemampuan mengurai suatu masalah menjadi bagian-bagian yang spesifik, mengelompokkan
informasi, menentukan keterhubungan antara satu kelompok/informasi dengan
kelompok/informasi lainnya.
ü Mengevaluasi (C5):
Menyimpulkan
informasi berdasarkan suatu kriteria, memprediksi, hipotesa.
ü Mencipta (C6):
Membuat sesuatu
yang baru dari apa yang sudah ada sehingga hasil tersebut merupakan satu
kesatuan utuh dan berbeda dari komponen yang digunakan untuk membentuknya.
2)
Pengetahuan
ü Faktual:
aspek-aspek pengetahuan istilah, peristiwa, lokasi, orang, tanggal, sumber
informasi, simbol dan
sebagainya.
ü Konseptual:
mengklasifikasikan sesuatu objek itu contoh atau bukan contoh, definisi, pengertian, meliputi prinsip (kaidah), hukum, teorema, atau
rumus.
ü Prosedural:
pengetahuan tentang urutan langkah-langkah
dalam melakukan sesuatu,
algoritma, pengetahuan metode, teknik
khusus dan pengetahuan kriteria untuk menentukan penggunaan prosedur yang tepat.
ü Metakognitif: memaknai
pengetahuan, menentukan pengetahuan yang penting dan tidak penting (strategic
knowledge), memecahkan masalah menggunakan pengetahuan yang dimiliki,
pengetahuan yang sesuai dengan konteks tertentu, dan pengetahuan diri (self-knowledge).
Contoh 2:
Kompetensi Dasar:
3.2 Menganalisis
berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia beserta
ancaman dan pelestariannya
4.2 Menyajikan
hasil observasi berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia dan usulan
upaya pelestariannya.
Kemampuan
|
Materi Minimal
|
Dimensi Pengetahuan
|
IPK
|
Menganalisis
(C4)
|
Berbagai
tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia beserta ancaman dan
pelestariannya:
§ Tingkat keanekaragaman hayati di
Indonesia;
§ Upaya-upaya pelestarian keanekaragaman
hayati;
§ Pelestarian keanekaragaman hayati secara
in-situ dan ex-situ;
§ Hubungan keanekaragaman hayati dengan
pembangunan berkelanjutan;
§ Ancaman pelestarian keanekaragaman
hayati di Indonesia;
§ Manfaat keanekaragaman hayati.
|
1.
Faktual: contoh upaya pelestarian keanekaragaman
hayati
2.
Konseptual:
§ Upaya pelestarian keanekaragaman hayati
adalah…
3.
Prosedural:
Langkah-langkah
pelestarian keanekaragaman hayati adalah sebagai berikut.
1.
…………………..
2.
…………………..
|
1.
Mengidentifikasi
upaya-upaya
pelestarian keanekaragaman hayati.
(C1-Faktual);
2.
Menyebutkan upaya-upaya pelestarian keanekaragaman
hayati
(C1-Konseptual);
3.
Menyebutkan langkah-langkah pelestarian keanekaragaman
hayati
(C1-Prosedural);
4.
Menguraikan upaya pelestarian keanekaragaman hayati
untuk mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan
(C4-Metakognitif);
5.
Memadukan informasi dari berbagai sumber untuk
membuat usulan pelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia
(C6-Metakognitif).
|
Sumber: BIMTEK K13 2017
Demikian secara garis besar cara menulis IPK
SOAL HOTS.
Untuk lebih jelasnya silahkan baca:
CARA MEMBUAT SOAL HOTSCARA MENGANALISIS KD SOAL HOTS
CARA MENGIDENTIFIKASI SOAL HOTS
CARA MENGANALISIS KD SOAL HOTS
CARA MEMILIH STIMULUS SOAL HOTS
CARA MENYUSUN KISI-KISI SOAL HOTS
CARA MENULIS BUTIR SOAL HOTS
Mohon maaf jika terdapat kesalahan kata-kata atau tidak baku nya
kata-kata dari tulisan saya. Jika ada keraguan atau pertanyaan silahkan
komentar di bawah ya....
Lebih kurang nya saya ucapkan terimakasih.
No comments:
Post a Comment
siap untuk komentarnya saudara