LinksManagement.com

Saturday, December 23, 2017

CARA MENGIDENTIFIKASI SOAL HOTS (Higher Order Thinking Skills)

Hai para pendidik atau yang biasa dipanggil GURU, kali ini saya akan membahas bagaimana CARA MENGIDENTIFIKASI SOAL HOTS HOTS (Higher Order Thinking Skills).
Langsung Aja kuy...... “Budayakan Kebiasaan Membaca” Baca sampai selesai guys supaya paham, OKE?.......

Untuk memahami cara mengidentifikasi soal HOTS simak kasus berikut!
JAKARTA, KOMPAS.com — Dua puluh hari menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sejak dilantik 27 Juli 2016, Arcandra Tahar diberhentikan dengan hormat oleh Presiden RI Joko Widodo pada 15 Agustus 2016. Bahkan, sejumlah pengamat malah menyasar Presiden Jokowi yang dinilai tidak teliti dalam memilih para pembantunya, kasus seperti ini seharusnya menjadi pembelajaran berharga bagi Presiden.
Sejak saat itu, Arcandra menjadi buah bibir. Apalagi pria ini rela pulang ke Indonesia setelah 20 tahun tinggal di Amerika Serikat. Di Negeri Paman Sam, Arcandra menjabat sebagai Presiden Direktur Petroneering di Houston Texas, AS. Dia juga disanjung karena memiliki tiga hak paten pada bidang pengembangan migas lepas pantai. Candra merupakan jebolan teknik mesin Institut Teknologi Bandung (ITB). Ia melanjutkan studi strata 2 dan 3 di A&M University Texas Amerika jurusan Ocean Engineering.
Candra memiliki pengalaman lebih dari 14 tahun di bidang hidrodinamika dan rekayasa lepas pantai. Arcandra juga telah bekerja di berbagai perusahaan migas baik sebagai pengembang maupun produksi seperti Spar, TLP, Compliant Tower, Buoyant  Tower dan Multi Colum Floater selama 13 tahun terakhir.
Hikmahanto Juwana, pakar hukum internasional Universitas Indonesia, menambahkan tanpa status kewarganegaraan pun, Indonesia masih bisa memberikan kemudahan bagi keturunan Indonesia yang memegang kewarganegaraan asing dan ingin memberi kontribusi ekonomi, seperti kemudahan memberi visa kunjungan atau izin kerja maupun kemudahan proses naturalisasi. Sumber: Kompas, 15 Agustus 2016.

Dari kasus tersebut di atas kita bisa mengidentifikasi sekaligus memodifikasi soal-soal yang mengacu pada SOAL HOTS, sebagai contoh penulis memberikan 10 ulasan pertanyaan atau soal yang bisa dikembangkan melalui kasus diatas:
1)        Siapa nama menteri ESDM yang diberhentikan dengan hormat oleh Presiden RI Joko Widodo pada 15 Agustus 2016?
2)        Kapan Arcandra Tahar diberhentikan menjadi menteri ESDM?
3)        Apa nama perusahaan yang dipimpin oleh Arcandra Tahar  di AS?
4)        Di mana Arcandra Tahar menamatkan studi S-1?
5)        Jelaskan pendapat Hikmahanto Juwana tentang kemudahan status kewarganegaraan bagi keturunan Indonesia yang memegang kewarganegaraan asing bila ingin berkontribusi terhadap kemajuan pembangunan di Indonesia!
6)        Jelaskan pendapat sejumlah pengamat tetang sikap Presiden Jokowi terhadap pemberhentian Arcandra Tahar?
7)        Pelajaran apa yang dapat diambil oleh seorang Presiden Joko Widodo dalam mengangkat Arcandra Tahar sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)?
8)        Mengapa Presiden Jokowi memberhentikan Arcandra Tahar sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)?
9)        Setujukah Anda Arcandra Tahar diberhentikan menjadi menteri ESDM oleh Presiden Jokowi?
10)     Rumuskan strategi yang tepat untuk memilih calon menteri, jelaskan alasannya!
Dari 10 pertanyaan tersebut sudah mengacu pada 6 C.
Sumber: BIMTEK K13 2017

Demikian secara garis besar CARA MENGIDENTIFIKASI SOAL HOTS.

Untuk lebih jelasnya silahkan baca:
CARA MEMBUAT SOAL HOTS
CARA MEMILIH STIMULUS SOAL HOTS
CARA MENGANALISIS KD SOAL HOTS
CARA MENULIS BUTIR SOAL HOTS
CARA MENULIS IPK SOAL HOTS
CARA MENYUSUN KISI-KISI SOAL HOTS


Mohon maaf jika terdapat kesalahan kata-kata atau tidak baku nya kata-kata dari tulisan saya. Jika ada keraguan atau pertanyaan silahkan komentar di bawah ya....
Lebih kurang nya saya ucapkan terimakasih.

No comments:

Post a Comment

siap untuk komentarnya saudara