LinksManagement.com

Saturday, December 23, 2017

CARA MENULIS BUTIR SOAL HOTS (Higher Order Thinking Skills)

Hai para pendidik atau yang biasa dipanggil GURU, kali ini saya akan membahas bagaimana CARA MENULIS BUTIR SOAL HOTS HOTS (Higher Order Thinking Skills). Baik pilihan ganda maupun Uraian.
Langsung Aja kuy...... “Budayakan Kebiasaan Membaca” Baca sampai selesai guys supaya paham, OKE?.......

A.   Butir Soal Pilihan ganda
KARTU SOAL NOMOR 1
(PILIHAN GANDA)

Mata Pelajaran                    : Matematika wajib
Kelas/Semester                   : X (Sepuluh) / 1 (Satu)
Kurikulum                              : 2013
Nama Penulis Soal              : Edi Sudrajat, S.Pd.

Kompetensi dasar
: 3.1        Menyusun persamaan dan pertidaksamaan LSV yang memuat nilai mutlak dari masalah kontekstual.
Materi
-           Persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel.
Indikator Soal
: 3.1.3     Menentukan penyelesaian persamaan nilai mutlak LSV.
Level Kognitif
: L3 C4  Memecahkan masalah yang berkaitan dengan penyelesaian persamaan nilai mutlak LSV.

Soal:


1.         Himpunan penyelesaian dari  adalah...
A.      Hp
B.      Hp
C.      Hp
D.      Hp
E.       Tidak ada Himpunan Penyelesaian

Kunci Jawaban: A. Hp

Keterangan:
Soal ini termasuk soal HOTS karena:
1.         Dalam menyelesaikan soal ini peserta didik diminta untuk mampu menentukan hasil penyelesaian persamaan nilai mutlak Linear Satu variabel
2.         Dalam menyelesaikan soal ini peserta didik dituntut untuk dapat memecahkan masalah yang berkaitan dengan persamaan nilai mutlak linear satu variabel.











B.        Butir Soal Uraian
KARTU SOAL NOMOR 2
(URAIAN)


Mata Pelajaran                    : MATEMATIKA
Kelas/Semester                   : X (SEPULUH) / 1 (SATU)
Kurikulum                              : 2013
Nama Penulis Soal              : Edi Sudrajat, S.Pd.     

Kompetensi Dasar
4.1      Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk Linear Satu Variabel
Materi
-                 Persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel
Indikator Soal
4.1.1   Menggunakan konsep nilai mutlak untuk menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan nilai mutlak
Level Kognitif
L2 C3 Menerapkan konsep nilai mutlak untuk menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan
           dengan nilai mutlak.

Soal:

1.       Himpunan penyelesaian dari  adalah ...

Pedoman penskoran
No
Uraian jawaban / kata kunci
skor
1.
(i)      x + 7 = 0
1

     ó x + 7 – 7 = 0 - 7
1

     ó x = -7
1

(ii)    –x – 7 = 0
1

     ó -x – 7 + 7 = 0 + 7
1

     ó -x = 7     kedua ruas dikali (-)
1

     ó x = -7
1

Keterangan:
Soal ini termasuk soal HOTS karena:
1.         Dalam menyelesaikan soal peserta didik diajak berpikir dalam menerapkan definisi nilai mutlak untuk menyelesaikan soal nilai mutlak.

Sumber: BIMTEK K13 2017

Demikian secara garis besar CARA MENULIS BUTIR SOAL HOTS.

Untuk lebih jelasnya silahkan baca:
CARA MEMBUAT SOAL HOTS
CARA MEMILIH STIMULUS SOAL HOTS
CARA MENGANALISIS KD SOAL HOTS
CARA MENGIDENTIFIKASI SOAL HOTS
CARA MENULIS IPK SOAL HOTS
CARA MENYUSUN KISI-KISI SOAL HOTS
CARA MEMBUAT SOAL HOTS


Mohon maaf jika terdapat kesalahan kata-kata atau tidak baku nya kata-kata dari tulisan saya. Jika ada keraguan atau pertanyaan silahkan komentar di bawah ya....
Lebih kurang nya saya ucapkan terimakasih.

No comments:

Post a Comment

siap untuk komentarnya saudara