Hai para pendidik atau yang biasa dipanggil
GURU, kali ini saya akan membahas bagaimana CARA MENULIS BUTIR SOAL HOTS HOTS (Higher Order Thinking Skills). Baik pilihan ganda maupun Uraian.
Langsung Aja kuy...... “Budayakan Kebiasaan Membaca” Baca sampai
selesai guys supaya paham, OKE?.......
A.
Butir Soal Pilihan ganda
KARTU SOAL
NOMOR 1
(PILIHAN GANDA)
Mata Pelajaran :
Matematika wajib
Kelas/Semester : X (Sepuluh) / 1 (Satu)
Kurikulum :
2013
Nama Penulis Soal : Edi Sudrajat, S.Pd.
Kompetensi
dasar
|
: 3.1 Menyusun
persamaan dan pertidaksamaan LSV yang memuat nilai mutlak dari masalah
kontekstual.
|
Materi
|
:
- Persamaan dan pertidaksamaan nilai
mutlak linear satu variabel.
|
Indikator
Soal
|
: 3.1.3 Menentukan penyelesaian persamaan
nilai mutlak LSV.
|
Level
Kognitif
|
: L3 C4 Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan penyelesaian persamaan nilai mutlak LSV.
|
Soal:
1.
Himpunan penyelesaian dari adalah...
A.
Hp
B.
Hp
C.
Hp
D.
Hp
E.
Tidak ada Himpunan Penyelesaian
Kunci
Jawaban: A. Hp
Keterangan:
Soal ini termasuk soal
HOTS
karena:
1.
Dalam
menyelesaikan soal ini peserta didik diminta untuk mampu menentukan hasil
penyelesaian persamaan nilai mutlak Linear Satu variabel
2.
Dalam
menyelesaikan soal ini peserta didik dituntut untuk dapat memecahkan masalah
yang berkaitan dengan persamaan nilai mutlak linear satu variabel.
B.
Butir Soal Uraian
KARTU SOAL
NOMOR 2
(URAIAN)
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Kelas/Semester : X (SEPULUH) / 1 (SATU)
Kurikulum :
2013
Nama Penulis Soal : Edi Sudrajat, S.Pd.
Kompetensi
Dasar
|
4.1
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan persamaan dan
pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk Linear Satu Variabel
|
Materi
|
-
Persamaan dan pertidaksamaan nilai
mutlak linear satu variabel
|
Indikator Soal
|
4.1.1 Menggunakan konsep nilai mutlak untuk
menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan nilai mutlak
|
Level Kognitif
|
L2 C3 Menerapkan konsep nilai
mutlak untuk menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan
dengan nilai mutlak.
|
Soal:
1. Himpunan
penyelesaian dari adalah ...
Pedoman penskoran
No
|
Uraian
jawaban / kata kunci
|
skor
|
1.
|
(i) x + 7 = 0
|
1
|
ó x + 7 – 7 = 0 - 7
|
1
|
|
ó x = -7
|
1
|
|
(ii) –x – 7 = 0
|
1
|
|
ó -x – 7 + 7 = 0 + 7
|
1
|
|
ó -x = 7
kedua ruas dikali (-)
|
1
|
|
ó x = -7
|
1
|
Keterangan:
Soal ini termasuk soal
HOTS
karena:
1.
Dalam menyelesaikan soal peserta didik diajak
berpikir dalam menerapkan definisi nilai mutlak untuk menyelesaikan soal nilai
mutlak.
Sumber: BIMTEK K13 2017
Demikian secara garis besar CARA MENULIS BUTIR SOAL HOTS.
Untuk lebih jelasnya silahkan baca:
CARA MEMBUAT SOAL HOTSCARA MEMILIH STIMULUS SOAL HOTS
CARA MENGANALISIS KD SOAL HOTS
CARA MENGIDENTIFIKASI SOAL HOTS
CARA MENULIS IPK SOAL HOTS
CARA MENYUSUN KISI-KISI SOAL HOTS
CARA MEMBUAT SOAL HOTS
Mohon maaf jika terdapat kesalahan kata-kata atau tidak baku nya
kata-kata dari tulisan saya. Jika ada keraguan atau pertanyaan silahkan
komentar di bawah ya....
Lebih kurang nya saya ucapkan terimakasih.
No comments:
Post a Comment
siap untuk komentarnya saudara