LinksManagement.com

Monday, August 5, 2013

desain pembelajaran rpp

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan   :   SMA Negeri 1 Speken
Kelas/Semester          :  X/1
Mata pelajaran           :   Matematika
Alokasi waktu              :  4x45 menit (2 pertemuan)


A.    Standar kompetensi :
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma
B.     Kompetensi dasar     :
Menggunakan aturan pangkat, akar, danlogaritma
C.    Indikator  :
a.       Kognitif
Produk :
1.)    Mengubah bentuk pangkat negatif kebentuk pangkat positif dan sebaliknya
2.)    Mengubah bentuk akar kebentuk pangkat dan sebaliknya
3.)    Mengubah bentuk pangkat kebentuk logaritma dan sebaliknya
4.)    Melakukan operasi aljabar pada bentuk pangkat, akar, dan logaritma
Proses :
1.)    Melakukan kegiatan mengubah bentuk pangkat negative kebentuk pangkat positif
2.)    Melakukan kegiatan mengubah bentuk akar kebentuk pangkat dan sebaliknya
3.)    Melakukan kegiatn mengubah bentuk pangkat kebentuk logaritma dan sebaliknya
4.)    Melakukan operasi aljabar pada bentuk pangkat, akar, dan logaritma
b.      Afektif
1.)    Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi : teliti, tekun, tanggungjawab, kerjasama, jujur, keusabaran , terbuka dan mendengarkan pendapat teman
2.)    Mengembangkan keterampilan sosial, meliputi : bertanya, menyumbangkan ide atau  berpendapat, menjadi pendengar yang baik, berlatih berkomunikasi verbal dan tulisan, berpikir kreatif dan sistematis.
c.       Psikomotor
1.)    Melakukan kegiatan presentasi hasil diskusi kelompok
D.    Tujuan :
a.       Kognitif
1.)    Peserta didik dapat mengubah bentuk pangkat negative kebentuk pangkat positif dan sebaliknya
2.)    Peserta didik dapat mengubah bentuk akar kebentuk pangkat dan sebaliknya
3.)    Peserta didik dapat mengubah bentuk pangkat kebentuk logaritma dan sebaliknya
4.)    Peserta didik dapat melakukan operasi aljabar pada bentuk pangkat, akar, dan logaritma
Proses:
1.)    Peserta didik dapat melakukan kegiatan mengubah bentuk pangkat negative   kebentuk pangkat positif dan sebaliknya
2.)    Peserta didik dapat melakukan kegiatan mengubah bentuk akar kebentuk pangkat dan sebaliknya
3.)    Peserta didik dapat melakukan kegiatan mengubah bentuk pangkat kebentuk logaritma dan sebaliknya
Peserta didik dapat  melakukan operasi aljabar pada bentuk pangkat, akar, dan logaritma
b.) Afekitif.
1.)Terlibat dalamproses pembelajaran yang berpusat pada siswa, sambil mengembangkan prilaku berkarakter meliputi: teliti,,  tekun, tanggung jawab, jujur, kerjasama, sabar, terbuka, dan mendengarkan pendapat teman.
2.)terlibat dalam proses pembelajaran yang berpusat pada siswa sambil mengembangkan keterampilan social, meliputi : bertanya, menyumbangkan ide atau pendapat, menjadi pendengar  yang  baik, belatih berkomunikasi verbal dantulisan, berpikir keratif dan sistematis.
E. Materi ajar :
      1)  Pangkat bulat positif dan negative
2) Bentuk Akar
3) Operasi Aljabar Bentuk Akar
4)  Pangkat Rasional
F.     Model/ Strategi/ Pendekatan / MetodePembelajaran :
1)      Model Pembelajaran           : Pembelajaran Kooperatif
2)      Strategi                               : Contextual Teaching and Learning (CTL)
3)      Pendekatan                         : Konstruktivisme
4)      Metode                               :  Ceramah, eksperimen, diskusi kelompok,
Tanya Jawab
A.  Langkah-langkahPembelajaran :
Per
ke-1

Pilar CTL
Konstruktivisme






















Belajar kelompok.

Inkuiri


Bertanya



Autentic assesment






Refleksi









Konstruktivisme





















Belajar kelompok

Inkuiri.



Bertanya.



Autentic assesment.






refleksi



RINCIAN KEGIATAN
1.      Guru memberi salam, mengajak berdoa dan mengabsen siswa.
2.      Apersevsi:
Guru mengingatkan kembali tentang bentuk pangkat negatif, pangkat positif, dan bentuk akar.
3.      Motivasi:
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik akan terbantu dalam menyelesaikan masalah yanag berhubungan dengan bentuk pangkat negatif, pengkat positif, dan bentuk akar.
4.      Menginformasikan tujuan pembelajaran hari ini, yaitu dapat mengubaah bentuk angkat negaif ke pangkat positif, dan sebaliknya,dapat mengubah bentuk akar kebentuk pangkat dan sebaliknya. Guru mempersilshkan beberapa siswa kedepan untuk mengungkapkan pendapatnya tentang bentuk pangkat negatif, pangkat positif ,dan bentuk akar.
Kegiatan inti:
1.      Guru menyajikan informasi awal mengenai cara mengubah bentuk pengkat negatif kepangkat positif dan sebaliknya, serta cara mengubah bentuk akar kebentuk pangkat dan sebaliknya.
2.      Guru membagi siswa dalam kelompok kooperatif ( 4 orang ).
3.      Siswa dalam kelompoknya membahas tentang bentuk pangkat negatif, pangkat positif, dan bentuk akar.
4.      Guru berkelliling untuk membimbing, memfasilitasi dan memotivasi setiap kelompok sambil melakukan tanya jawab dan melaksanakan penilaian kinerja tiap kelompok.
5.      Beberapa kelompok yang ditunjuk diberi kesempatan memgemukakan hasil kinerja kelompoknya dan guru melakukan penilaian kinerja kelompok.
6.      Guru dan siswa melakukan diskusi kelas untuk menarik kesimpulan.
Penutup :
1.      Siswa dengan dibimbing oleh guru merangkum hasil pembelajaran hari ini.
2.      Guru memberikan penghargaan pada klompok terbaik dari hasil penilaian kinerja dan penguasaann konsep.
3.      Guru memberi tugas untuk pertemuan berikutnya yaitu mengerjakan soal-soal uraian yang melibatkan bentuk pangkat negatif, pangkat positif, dan bentuk akar.
Pendahuluan:
1.      Guru memberi salam, mengajak berdoa dan mangabsen siswa.
2.      Apersepsi:
Guru mengingatkan kembali tentang bentuk pangkat, logaritma, dan operasi aljabar pada bentuk pangkat, akar, dan logaritma.
3.      Motivasi:
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik akan terbantu dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan bentuk pangkat, logaritma, dan operasim aljabar pada bentuk pangkat, akar, dam logaritma.
4.      Menginformasikan tujuan pembelajara hari ini yaitu, dapat mengubah bentuk pangkat kebentuk logaritma dan sebaliknya, serta dapat melakukan operasi aljabar pada bentuk pangkat, akar, dan logaritma.
Kegiatan inti:
1.      Guru menyajikan informasi awal mengenai cara mengubah bentuk pangkat kebentuk logaritma dan sebaliknya, serta dapat melakukan operasi aljabar pada bentuk pangkat, akar, dan logaritma.
2.      Guru membagi siswa dalam kelompok kooperatif ( 4 orang ).
3.      Siswa dalam kelompoknua mambahas tentang bentuk pangkat dan logaritma, serta melakukan operasi aljabar pada bentuk pangkat, akar, dan logaritma.
4.      Guru berkeliling untuk membimbing, memfasilitasi dan memotivasi setiap kelompok sambil melakukan tanya jawab dan melaksanakan penilaian kinerja tiap kelompok.
5.      Beberapa kelompok yang ditunjuuk diberi kesempatan memgemukakan hasil kinerja kelompoknya dan guru melakukan penilaian kelompok.
6.      Guru dan siswa melakukan diskusi kelas untuk menarik kesimpulan.
Penutup:
1.      Siswa dengan dibimbing oleh guru merangkum hasil pembelajaran hari ini.
2.      Guru memberikan penghargaan pada kelompok terbaik dari hasil penilaian kinerja dan penguasaan konsep.
Guru memberi tugas untuk pertemuan berikutnya yaitu mengerjakan soal-soal uraian yang melibatkan bentuk pangkat, logaritma, dan operasi aljabar pada bentuk pangkat, akar dan logaritma.

B.  SumberBelajar
a)      BukuPaketMatematikaSMA untuk kelas X semester 1 dan 2
( Drs.Maman Abdurahman, M.Pd. dkk )
b)      LKS.
C.  Penilaian
1.      Kognitif        : soal-soal evaluasi dan LKS
2.      Psikomotor    : unjuk kerja presentasi hasil diskusi
3.      Afektif          : pengamatan terhadap siswa saat KBM berlangsung
      Instrumen penilaian :
A.    Penilaian kognitif
      Lembar kerja siswa
1.      Sederhanakanlah menjadi pangkat positif!
a.       x  =...............
b.       x=.............
2.       Ubahlah kedalam bentuk  !
a.      
b.     
3.      Nyatakan dalam bentuk logaritma!
a.= 32
b. = 81
                         4. sederhanakanlah!
                                    a. x a
                                    b.  x
                         5. sederhanakan lah!
                                    a. +
b. 6 - 2
kriteria penilaian :
nilai maksimal = 100
nilai =  X 100
soal evaluasi :
1.      Nyatakanlah bilangan-bilangan berikut kedalam angkat bulat positif.
a.       Ab-7
b.      4a3b-6
2.      Sederhanakanlah menjadi pangkat positif.
a.      
b.     
3.      Ubahlah kedalam bentuk logaritma!
a.       52=25
b.      33=27
4.      Ubahlah kedalam bentuk perpangkatan.
a.       5 log 25 = 2
b.      2 log 32 = 5
5.      Hitunglah =...
6.      Hitunglah =...
7.      Sederhanakanlah!
a.       56 X 57
b.      B3 X B2
8.      Ubahlah kedalam bentuk
a.      
b.     
9.      Sederhanakanlah!
a.      
b.     
10.  Sederhanakanlah!
a.      
b.     
Kriteria penilaian:
Nilai maksimal = 100
Nilai =
A.      Penilaian Psikomotor :unjuk kerja saat melakukan presentasi.
A.    Kriteria :
·         Kemampuan menjelaskan di depan teman
·         Bobot materi presentasi
·         Kemampuan menanggapi pertanyaan
·         Kemampuan bertanya
B.     Rubrik
Nilai
Uraian
A (100-86)
Jika siswa berbicara dengan jelas di depan teman, dalam penyampaian materi yang tepat, Jawaban tanggapan benar dan siswa mampu bertanya sesuai materi
B (85-76)
Jika siswa berbicara dengan kurang jelas di depan teman, dalam penyampaian materi yang tepat, Jawaban tanggapan kurang benar dan siswa mampu bertanya sesuai materi
C (75-66)
Jika siswa berbicara dengan kurang jelas di depan teman, dalam penyampaian materi yang kurang tepat, Jawaban tanggapan kurang benar dan siswa mampu bertanya sesuai materi
D (65- 56)
Jika siswa berbicara dengan kurang jelas di depan teman, dalam penyampaian materi yang kurang tepat, Jawaban tanggapan tidak benar dan siswa mampu bertanya sesuai materi
E (55-46)
Jika siswa berbicara dengan kurang jelas di depan teman, dalam penyampaian materi yang kurang tepat, Jawaban tanggapan tidak benar dan siswa tidak mampu bertanya sesuai materi
F (45-36)
Jika siswa tidak bisa

C.  Penilaian Afektif
Keterangan :
Aspek yang dinilai :
1.      Teliti
2.      Tekun
3.      Tanggung Jawab
4.      Bertanya
5.      Disiplin
6.      Kerjasama
7.      Mendengarkan Pendapat Orang Lain
Pedoman Penskoran :
Skor 1 = jika deskriptor 1 muncul
Skor 2 =  jika deskriptor 2 muncul
Skor 3 = jika deskriptor 3 muncul
Penilaian =
Deskriptor :
Aspek Yang Dinilai
Penjelasan
Teliti
1.   Siswa tidak teliti dalam melakukan pengukuran sisi dan sudut pada bangun-bangun yang sebangun dan kongruen.
2.   Siswa cukup teliti dalam melakukan pengukuran sisi dan sudut pada bangun-bangun yang sebangun dan kongruen.
3.   Siswa teliti dalam melakukan pengukuran sisi dan sudut pada bangun-bangun yang sebangun dan kongruen.
Tekun
1.     Siswa tidak tekun saat mengerjakan tugas.
2.     Siswa tekun saat mengerjakan tugas
3.     Siswa tekun dengan tugasnya dan masih mampu menyelesaikan tugas lainnya.
Tanggung Jawab
1.    Siswa tidak bertanggung jawab dengan tugas yang diperoleh.
2.    Siswa cukup bertanggung jawab dengan tugas yang diperoleh.
3.    Siswa sangat bertanggung jawab dengan tugas yang diperoleh.
Bertanya
1.      Siswa tidak mau bertanya saat diminta guru.
2.      Siswa aktif bertanya saat diminta guru.
3.      Siswa aktif bertanya tanpa diminta oleh guru.
Disiplin
1.     Siswa sangat lambat dalam mengumpulkan tugas.
2.     Siswa mengumpulkan tugas saat diminta guru untuk mengumpulkannya
3.     Siswa mengumpulkan tugas sebelum waktu yang telah ditentukan.
Kerjasama
1.    Siswa tidak mampu bekerja sama dengan kelompok saat diskusi.
2.    Siswa mampu bekerja sama dengan kelompoknya.
3.    Siswa mampu bekerja sama dengan baik saat diskusi kelompok dan selalu menumbangkan ide cemerlang.
Mendengarkan Pendapat Orang Lain
1.    Siswa berbicara sendiri saat temannya menyampaikan pendapat.
2.    Siswa mendengarkan saat temannya menyampaikan pendapatnya.
3.    Siswa mendengarkan dan merespon dari pendapat yang disampaikan temannya.
Penilaian Afektif
 No
Nama
Aspek yang dinilai
Skor Total
Skor Maksimal
Keterangan
1
2
3
4
5
6
7
1









21

2









21

3









21

4









21

5









21

6









21

7









21

8









21

8









21

10









21

11









21

12









21

..









21

..









21

..









21

35









21





No comments:

Post a Comment

siap untuk komentarnya saudara