LinksManagement.com

Tuesday, August 13, 2013

MEMBUAT JUDUL SKRIPSI PTK DENGAN MUDAH DAN MENYENANGKAN

MEMBUAT JUDUL SKRIPSI PTK DENGAN MUDAH DAN MENYENAGKAN hai sobat setia pembaca blog saya, bagaimana kabarnya? saya harap selalu baik-baik saja...
pada artikel saya kali ini, saya akan membahas masalah tentang bagaimana membuat judul skripsi ptk dengan mudah dan menyenangkan? oke kita langsung saja. bacalah dengan dari awal supaya mudah untuk menganalisanya.
banyak mahasiswa yang mengadopsi malah memaki judul skripsi dan lebih parah nya memakai judul tersebut tanpa dipahami dan dimengerti langsung diajukan padahal itu SALAH TOTAL, setiap satu mahasiswa akan mampu menciptakan satu atau lebih judul skripsi yang baru dan unik. nah dari keunikan ini akan membuat penasaran pembimbing kita, dijamin pasti di ACC. jika tepat merangkainya.
berbicara masalah judul skripsi, judul adalah sesuatu yang akan kita jelaskan atau kita ceritakan tentunya pada sebuah karya ilmiah, saya mempunyai suatu perumpamaan tentang judul, judul hampir sama dengan pengertian visi dan misi, apa itu? jika kita ingin menjadi pemimpin maka kita harus mempunyai visi dan misi, nah visi itu adalah rencana kita sedangkan misi adalah amunisi atau cara-cara bagaimana kita bisa melaksanakan rencana kita tersebut. jadi judul itu juga bisa kita sebut sebagai visi atau target kita yang akan kita kerjakan sedangkan misi juga bisa kita katakan sebagai amunisi untuk merangkai dalam sebuah karya ilmiah. dari jabaran tadi kita akan tahu apakah itu skripsi? skripsi sudah saya singgung dari tadi yaitu karya ilmiah yang akan menjadi tempat untuk kita menceritakan isi-isi yang berdasarkan judul tadi.
sekarang saya akan membahas bagaimana cara-cara nya?
simak tahap-tahap dibawah ini.
1. membuat judul skripsi PTK harus ada sebuah masalah
masalah, apa itu masalah? masalah adalah hal yang akan kita teliti karena kita memakai teknik penulisan dengan menggunakan PTK dan harus sesuai dengan bidang studi yang kita pelajari. bagaimana menentukan masalah?
tips dari Edi: menentukan masalah dengan cara melihat masa lalu, umpama jurusan saya adalah matematika, dulu ketika saya masih SD, SMP, SMA materi apa yang saya sulit untuk memahami dalam pelajaran matematika? dan mengapa?
contohnya: ketika saya masih SD, SMP, SMA saya kadang susah mengerjakan soal-soal yang dimodifikasi, kadang pada saat guru menjelaskan saya paham, tapi ketika saya mendapatkan soal yang agak berbeda dari yang guru saya jelaskan padahal masih dalam materi tersebut. mengapa demikian? karena saya sulit untuk menganalisa soal.
nah contoh diatas sudah menjelaskan apakah itu masalah atau bukan. sekarang mulailah cari masalah sebanyak yang kita mampu. kemudian observasi kesekolahan yang akan menjadi sasaran penelitian temukan apakah masalah yang kita buat kita temukan disekolahan tersebut. jika demikian adanya jangan cari masalah lain. gunakan masalah yang sesuai dengan yang terjadi dilapangan.
2. tentukan langkah-langkah penyelesaian masalah tersebut.
oke ini adalah misi kita untuk mencari cara bagaimana saya akan menyelesaikan masalah tersebut.
kita gunakan contoh pada tahap 1. apa saja langkah yang akan kita gunakan supaya siswa mampu untuk menganalisa soal?
tentunya harus fokus kepada penyelesaian soal. misalnya langkah pertama yang akan saya gunakan adalah mencari materi kemudian membuat soal saya cari cara yang unik dan menarik juga singkat untuk menyelesaikan soal tersebut tentunya bisa untuk semua soal. cara unik tersebut bisa kita adopsi dari cara atau langkah penyelesaian masalah dari berbagai teori para ahli. kemudian saya terapkan.
3. membuat metode unik
membuat metode apakah boleh kita gunakan metode yang kita beri nama sendiri? tentu boleh tapi harus berdasarka teori-teori para ahli yang ada.
misalnya saya menggunakan sebuah cara memainkan sebuah permainan yang sama dengan cara yang sudah saya buat kemudian saya cari teori yang bisa menjadi sebuah landasan yang kuat terhadap metode saya.
contohnya saya menggunakan metode bermain sudoku, metode bermain sudoku ini identik dengan mengisi bagian yang kosong pada kotak permainan yang sudah disediakan. apa salahnya saya menggunkan cara ini? toh cara ini sama dengan cara yang sudah saya tentukan yaitu membuat beberapa kotak kemudian masukan data-data yang ada pada soal kemudian apa yang ditanyakan pada soal tersebut saya kosongkan pada sebuah kotak. kemudian saya cari bagian yang kosong tersebut dengan menggunakan cara-cara yang sudah guru jelaskan kepada saya. tentunya cara ini mempunyai landasan teori yaitu penyelesaian masalah dengan teori polya.
teman-teman tidak perlu pusing, cari aja teorinya dahulu kemudian ciptakan metode yang kita buat dengan unik tentunya yang kita pahami.
4. mulailah merangkai sebuah judul
rangkailah judul anda denga msalah dan cara yang sudah kita rangkai. contohnya implementasi metode bermain sudoku untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal-soal matematika pada siswa kelas "X".

nah, kita sudah tau bagaimana cara membuat judul dengan mudah dan menyenangkan, semoga artikel ini berguna bagi mahasiswa yang mendapatkan kesulitan dalam pembuatan judul skripsi. kemudian baca juga artikel saya tentang merangkai proposal skripsi ptk senikmat minum teh klik disini dan tinggalkan komentarnya yaaa terimakasih.
EDI SUDRAJAT

No comments:

Post a Comment

siap untuk komentarnya saudara