LinksManagement.com

Sunday, August 11, 2013

MENULIS PROPOSAL SKRIPSI PTK SENIKMAT MINUM TEH

Menulis Proposal PTK Senikmat Minum Teh hai, selamat datang diblog saya bagi anda yang baru pertama kali mampir diblog saya. seiring waktu ternyata dunia sekarang memang semakin canggih, mau nulis skripsi atau karya ilmiah aja kita tinggal mengklik salah satu URL langsung muncul. hehheee..
oke baiklah udah dulu basa-basinya. sekarang saya akan membahas tentang penulisan proposal skripsi. namun sebelum itu saya akan mengajak anda untuk menelaah lagi tentang apa itu proposal skripsi PTK. Proposal skripsi PTK adalah syarat utama sebelum kita masuk pada penelitian dan membuat skripsi yang semestinya ditugaskan kepada kita.
proposal skripsi adalah jalan dimana bagi mahasiswa yang akan melakukan penelitian untuk bisa melakukan penelitian tersebut. proposal skripsi berisi tentang berapa hal yang masih sangat belum nyata atau abstrak dimana kita membuat praduga sementara yang kita rancang di BAB I dan keterkaitan skripsi kita didunia pendidikan yang akan kita bahas pada BAB II kemudian dilanjutkan dengan teknik yang akan kita lakukan untuk penelitian yang kita bahas juga di BAB III. apakah adalagi? sudah sob cukup tiga bab saja yang perlu kita bahas dalam penulisan proposal. namun yang akan dibahas dalam tulisan ini yaitu mengenai bagaimana cara menyusun proposal skripsi terutama pada PTK.
PTK atau kepanjangannya adala Penelitian Tindakan Kelas adalah rancangan penelitian yang terdapat pada fakultas pendidikan. apakah fakultas lain bisa memakai PTK? jawabannya tentu tidak. karena PTK ini membahas mengenai masalah-masalah yang ada disuatu sekolah terkhusus dalam satu kelas. jadi fakultas lain gag bisa donk memakai PTK untuk penelitiannya. berhubung sudah saya singgung PTK adalah penelitian masalah yang ada disekolahan terkhusus di kelas, maka PTK ini adalah penelitian dimana kita harus mengetahui terlebih dahulu masalah yang terdapat disekolahan terkhususnya dikelas dan kita memikirkan bagaimana cara memecahkan masalah tersebut dengan metode-metode yang kita buat atau kita rangkai sendiri. metode yang kita buat harus benar-benar kita pahami, supaya ketika kita melakukan penelitian tidak kualahan dalam mengimplementasikannya.
metode yang digunakan adalah cara yang harus kita pakai untuk memecahkan masalah yang kita temui disekolahan. apakah metode ini boleh apa saja? yups boleh, tergantung metode nya memiliki teori dasar apa tidak. kalau metode tersebut tidak memiliki dasar dari teori-teori para ahli pendidikan maka kita akan kualahan menyusun bab ii.
nah kita sudah mengerti tentang proposal, PTK, dan metode. sekarang mulailah untuk merangkai atau menyusun kerangka proposal kita pada sebuah kertas. berikut akan saya bahas tentang penulisan BAB I, II, III. ayoo langsung aja.
teknik penusunan proposal skripsi proposal.
BAB I
pada bab i akan kita bahas tentang masalah-masalah yang kita temukan dan kita harus mampu memperkirakan rancangan rumusan masalah apa yang kita gunakan nantinya juga yang akan kita bahas pada bab IV. ini adalah formatnya:
A. latar belakang
latar belakang berisikan tentang masalah-masalah yang akan kita hubungkan pada penelitian kita. tekniknya diawal pembahasan kita harus membahas tentang ruang lingkup pendidikan secara umum karena kita memakai PTK jadi harus pendidikan rangkai hingga 1 halaman full, kemudian satuan pendidikan yang akan kita teliti coba rangkai hingga 1 halaman pula, kemudian paragraf selanjutnya masalah yang kita temukan pada satuan pendidikan tersebut, usahakan 1/2 sampai 1 halaman pula, kemudian kaitkan metode pada judul kita dengan bagaimana cara menangani masalah tersebut rangkailah hingga 1 halaman yang dimana pada akhir paragraf tuliskan maksud dan tujuan kita dalam penelitian tersebut.
B. Rumusan masalah
rumuskan masalah-masalah yang akan kita selesaikan dengan metode penelitian kita. gunakan kalimat bertanya" susun hingga 2 atau lebih rumusan masalah. 2 juga udah cukup kok sob.
C. tujuan masalah
tujuan masalah berisikan jawaban2 dari rumusal masalah kita susun sesuai dengan banyaknya rumusan masalah kalo bisa sebelu masuk ke sub babnya kita kasi kalimat hubung diawal paragraf.
D. Hipotesis
rangkailah praduga sementara, bisa saja berisi jawaban-jawaban dari masalah-masalah yang akan kita selesaikan dengan metode kita. rangkai sesuai dengan masalah-masalah yang akan kita teliti.
E. manfaat penelitian
manfaat apa yang akan sekolah, siswa, guru, dan kita dapatkan dari penelitian kita buatlah kira2 masing2 dua point pada satu manfaatnya.
F. Batasan Masalah
batasan masalah berisikan batasan-batasan yang akan kita tulis dalam tulisan kita supaya tidak ada pertanyaan2 yang keluar dari penelitian yang kita bahas.
G. definisi operasional
definisikan judul anda per bagian nya, tentunya harus berkaitan. sebaiknya definisi pertama adalah metode yang kita gunakan.
BAB II
bab ii berisikan teori-teori yang mendukung judul kita contoh nya Implementasi metode permainan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan permasalahan pada soal matematika siswa kelas X.
judul tersebut memiliki bagian-bagian khusus yang akan kita bahas menurut teori para ahli yaitu metode permainan, penyelesaian masalah, pembelajaran matematika, kemudian implementasi nya.
nah sebaiknya susun teori pendukung berdasarkan metode yang kita pakai. rangkailah teori-teori tersebut sekitar 24 halaman supaya penelitian kita kuat.
BAB III
berisikan tentang metode penelitian yaitu.
A. setting penelitian
bahas tentang kapan kita melakukan penelitian, dimana kita melakukan penelitian, kelas berapa dan berapa jumlah siswa yang kita teliti. bahas ini kira-kira 1 halaman.
B. Prosedur penelitian
bahas siklus-siklus yang kita gunakan dalam penelitian. berisikan bagaimana kita melakukan penelitian. langkah apa yang akan kita lakukan pertama kali dalam penelitian. tulis kira-kira 4 sampai 5 halaman.
C. Teknik pengumpulan data
bahas tentang bagaimana anda mendapatkan data untuk mengetahui apakah metode anda sudah berhasil? teknik ini bisa kita lakukan dengan cara observasi kegiatan siswa dalam pembelajaran, dan soal-soal tes siswa. banyak teknik yang lain kok saya cuma kasi contoh 2 saja.
kemudian buat formatnya. apa-apa saja yang kita gunakan untuk mendapatkan data.
D. Analisis data
dari data yang kita dapat kita bisa menganalisis nya dalam bentuk statistik. frekuensi. gunanya untuk mengetahui apakah data tersebut sudah memenuhi target yang kita patokan.
E. kriteria keberhasilan
bahas tentang rubrik-rubrik ketentuan bagaimana objek yang kita teliti mendapatkan data.

nah.... inilah cara-cara menuliskan proposal skripsi PTK senikmat minum teh semoga bisa meringankan beban pikiran anda yang pusing dalam penulisan proposal. jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah sebagai acuan penulisan blog ini. terimakasih salam hangat EDI SUDRAJAT

No comments:

Post a Comment

siap untuk komentarnya saudara